Jumat, Juni 29, 2007

Pearl Jam and Incubus In the Park

Ini adalah report dari Retno, member PJ.Id yang bermukim di Belanda. 26 Juni lalu, dia berkesempatan menonton konser Pearl Jam di Nijmegen, yang juga diikuti oleh band favorit Retno selain PJ, yakni Incubus. Kings of Leon serta Perry Farrell' Satellite Party juga terjadwal membuka konser Pearl Jam dan Incubus yang diselenggarakan di sebuah taman kota tersebut. Here's the report:

***

Halo semua,

Aku masih dalam suasana euforia kemaren, gara-gara nonton Incubus sekaligus Pearl Jam..hehe. Pembuka konser Pearl Jam kali ini menampilkan Perry Farrel's Satellite Party (sayangnya kelewatan nonton), Kings of Leon serta Incubus. Aku dan rombongan kecil (suami dan teman dari Hungaria yang nonton lagi, setelah nggak puas nonton PJ di NovaRock festival di Wina, Austria) hanya kebagian buntut Kings of Leon. Untungnya, di lagu terakhir mereka ngundang Eddie Vedder untuk jadi backing vokal buat lagu mereka. Bahkan di sepanjang konser
Eddie memakai kaos Kings of Leon. Sweettt....

Untuk laporan konser Incubus rasanya kurang appropriate dimasukin sini (milis PJId), mungkin lebih tepat di milis incubus_echoes saja. Tapi secara sekilas ini setlist dari Incubus:

Setlist: Nice to Know You, A Kiss to Set Us Off, Anna Molly, Circles, Drive (full band after 2nd verse), Warning, Love Hurts, Earth to Bella Part 1, Megalomaniac (with long, loud intro), Are you In, Pistola (with break and long guitar/noise solo), Wish You Were Here

Sebagai penggemar Incubus, aku ngarepin Privilege dimainin, tapi wajar jika akhirnya mereka banyak mainin beberapa lagu dari album baru untuk promosi, seperti Love Hurts yang lebih masuk di telinga Eropa. Sayangnya Incubus nggak main bareng PJ.

Kembali ke konser Pearl Jam, overall setlist yang dimainkan meliputi:
Main Set: Release, Go, Hail Hail, World Wide Suicide, Whipping, Do The Evolution, Given To Fly, Not For You, Wishlist, Even Flow, Insignificance, Unemployable, Jeremy, Nothingman, Better Man/Save It For Later, Corduroy, Why Go
1st Encore: Comatose, Daughter/Another Brick In The Wall Part 2 (original by Pink Floyd)/War (original by Edwin Starr), Leash, Rearviewmirror
2nd Encore: No More, Blood, Alive, Rockin' In The Free World (original by Neil Young), Yellow Ledbetter

Sedikit cerita dibalik jalannya konser, sebelum lagu Betterman Eddie bercerita tentang peringatan meninggalnya 9 fans (salah satunya disebutkan namanya) di tragedi festival Roskilde, Denmark 7 tahun yang lalu. Sejak peristiwa tragis itu mereka lebih menghargai arti hidup. Keluarganya fan yang disebutin namanya kebetulan hadir di konser ini. Kakak perempuan fan itu me-request lagu "Betterman" untuk mengenang adiknya. Damn, langsung merinding waktu denger intro Betterman. Terharu man!!!

Secara keseluruhan penampilan mereka kemaren juga top banget. Jika dibandingkan dengan konser di Arnhem tahun lalu, rasanya jauuuhh!!

Oya, di 2nd Encore terdapat lagu "No More" yang merupakan lagu terbaru ciptaan Eddie Vedder dan bekas serdadu Amerika di Irak. Dia bilang dia lebih tahu tentang kondisi perang ketika ngobrol dengan serdadu tersebut daripada membaca beribu-ribu berita di koran dan nonton CNN..hehe. Ed juga bilang di konser ini pertama kalinya lagu ini dinyanyiin di Belanda.

Enjoy this 40s Video:
Pearl Jam
Incubus

Retno

***

Thanks a lot ke ses Retno atas review dan share-nya yak. Ditunggu kabar selanjutnya dari Belanda!

3 komentar:

Daeng Ipul mengatakan...

merinding dengar Betterman..?, wah dari sini udah ketahuan gimana serunya konser PJ...

Mbak Retno beruntung banget, satu dari cuma sedikit orang Indon yg bisa nonton langsung PJ..Mas Reza juga..

anekariasafari mengatakan...

wahhh...Mantappp...!!! wish I was there...

~RarA-MusEHoliC~ mengatakan...

HuaAAA!!..

inCuBus....wisH i WaS TherE!!!....huhuhu!!!..

DRiVE DrivE N DriVE..

NGOmonG" Soal DRivE...
Band indie Yang namaNya DrivE KayakNa
inFLu inCubus juga YA..
DAri DandAnya(WAlaupun TampaNGnya BedA)
Trus SounDnya
SAmpe Ke miliSi ALaTnya!!.

CKckckc,

Band inDiE SKaRAng Kayak
St 12 Ama St 13 Trus st 14 MenDinGAn KE LAuT aja dECh..hehhee..

KiddDinG BRo!!..

TApi Rara SALutE Abiz Ma inCubuS...
CoZ therE is A PerfecT SoundReNalin Band!!..HOoh

KEEp RoCK'in DudE!!!

~jusT~A~BeLLamY~